Pola penerimaan mahasiswa baru di Universitas Bengkulu tahun 2017  untuk program S1 reguler di UNIB adalah sebagai berikut:

1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta portofolio akademik.
Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa.
Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa nasional (NISN), memiliki prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN yang dipilih tentang ketentuan yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru.

2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

SBMPTN merupakan bentuk seleksi nasional berbasis kepada ujian tulis dengan dipungut biaya pendaftaran. SBMPTN diperuntukkan bagi  lulusan SLTA tahun 2017, 2016, dan 2015.  Informasi awal tentang SBMPTN dapat dilihat di http://www.sbmptn.or.id.

3. Seleksi Penerimaan Mahasiswa  Mandiri.

Seleksi Penerimaan secara mandiri merupakan pola seleksi yang diselenggarakan oleh UNIB dan bersama-sama wilayah BKS Barat. Seleksi ini didasarkan pada ujian tulis dengan dipungut biaya pendaftaran dan diperuntukkan bagi lulusan SLTA tahun ini, lulusan satu tahun yang lalu, dan lulusan dua tahun yang lalu.untuk mendaftar jalur Mandiri di https://pendaftaran.smmptnbarat.id/

Selamat mengikuti.