Pola penerimaan mahasiswa baru di Universitas Bengkulu tahun 2014 mengalami beberapa perubahan.  Hal ini sebagai bentuk respon atas beberapa perubahan dalam skala nasional tentang penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Berdasarkan hal tersebut, pola penerimaan mahasiswa baru untuk program S1 reguler di UNIB adalah sebagai berikut:

1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

SNMPTN tahun 2014 mengalami beberapa perubahan. Ketentuan SNMPTN tahun ini mencakup pendaftaran yang tidak dipungut biaya, seleksi didasarkan pada NILAI RAPOR dan prestasi akademik lainnya, dan Kepala Sekolah harus mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) di http://pdss.snmptn.ac.id. Setelah mengisi PDSS, masing-masing siswa akan mendapatkan password yang dapat digunakan untuk mendaftar SNMPTN di http://www.snmptn.ac.id. SNMPTN diperuntukkan bagi siswa kelas XII di SLTA.

2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

SBMPTN merupakan bentuk seleksi nasional berbasis kepada ujian tulis dengan dipungut biaya pendaftaran. SBMPTN diperuntukkan bagi  lulusan SLTA tahun 2014, 2013, dan 2012.  Informasi awal tentang SBMPTN dapat dilihat di http://www.sbmptn.or.id.

3. Seleksi Penerimaan Mahasiswa UNIB (SPMU).

SPMU merupakan pola seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh UNIB. Seleksi ini didasarkan pada ujian tulis dengan dipungut biaya pendaftaran dan diperuntukkan bagi lulusan SLTA tahun ini, lulusan satu tahun yang lalu, dan lulusan dua tahun yang lalu.untuk mendaftar SPMU di http://spmu.unib.ac.id

Selamat mengikuti.